• 2021-08-23
  • Admin

Perbedaan Website & Aplikasi : Terkadang kami bingung saat customer kami bertanya, “bisa buatkan program/software yang bisa online untuk saya ?” atau yang seperti ini “bisa buatkan aplikasi yang bisa saya install & buka di hp saya ?”.

Mungkin bagi customer kami bukan hal yang membingungkan, namun bagi kami ini sesuatu yang membingungkan, akhirnya kami ajak customer ketemu, sembaring “Ngopi Santai” sambil membahas apa yang sebenarnya diinginkan dan dibutuhkan customer kami, sebenarnya ini adalah bagian dari proses Requirement Gathering atau Perencanaan dalam pembuatan Software.

Oke, kami jelaskan perbedaan antara Aplikasi, Software, Website, tapi ada lagi yang menyebutnya dengan istilah Program, nah jadi bingung lagi kan, kami jelaskan satu persatu.

Software

Software adalah sebuah perangkat lunak, istilah software pertama kali dipopulerkan saat era komputer baru yang bisa di program/dimasukan sejumlah perintah sehingga berfungsi sebagaimana diinginkan user. Biasanya yang namanya perangkat adalah benda-benda keras, namun ini berbeda, perangkat ini lunak, tertanam didalam komputer, bahkan tidak ada bentuknya, itulah software.

Jadi jika kata-kata diatas “Software yang bisa online untuk saya” itu masih benar, namun kurang sedikit spesifik lagi sebenarnya.

Program

Program adalah sesuatu yang terdiri dari sekumpulan perintah kemudian diaplikasikan untuk menghasilkan output tertentu itulah program, Aplikasi Ponsel seperti WA, Instagram sudah pasti didalamnya terdiri dari program-program yang dijadikan satu sehingga bisa digunakan oleh pengguna.

Jadi program itu sesuatu yang ada didalam Aplikasi Ponsel atau Aplikasi Komputer itu sendiri, berarti kata-kata diatas masih terlalu spesifik, hehehe

Website

Website adalah situs web, dimana jika kalian mengakses alamat situs seperti : www.mediatama.org maka kalian akan tampil sejumlah desain interface yang memuat informasi-informasi didalamnya. Saat awal website muncul ini hanya digunakan untuk menampilkan informasi-informasi saja agar orang mudah untuk mengaksesnya.

Aplikasi

Aplikasi adalah sesuatu yang dapat diaplikasikan, definisinya cukup luas sebenarnya, karena sesuatu yang bisa diaplikasikan itu banyak macamnya tidak hanya aplikasi komputer saja, contoh : Palu juga sesuatu yang bisa diaplikasikan untuk memukul paku.

Namun orang-orang selalu menyebut aplikasi itu ya yang ada di playstore, yang ada di komputer seperti WA, Instagram, Facebook, Anti Virus, Google Chrome Komputer dan sebagainya. Menurut kami lebih tepatnya adalah Aplikasi Ponsel atau Aplikasi Komputer, bukan aplikasi saja.

Aplikasi Web / Web Application

Ini adalah evolusi dari Website, tidak hanya menjadi portal informasi saja, sebuah website ternyata dapat menjadi sesuatu yang dapat diaplikasikan, namanya juga Aplikasi Web, berarti website itu bisa menjadi sebuah aplikasi yang berguna untuk user. Contohnya adalah website sekarang malah bisa jadi toko online, bisa jadi aplikasi pelaporan, aplikasi perbankan dan lain-lain.

Aplikasi Mobile

Simpel aja, sebuah perangkat lunak/software yang bisa diaplikasikan (diinstal) di ponsel bisa ponsel smartphone, bisa Symbian atau aplikasi ponsel sebelum era symbian seperti HP Nokia 3315 saat jaman era 2000an.

Jadi, setelah kami berfikir lagi ternyata pertanyaan diatas “bisa buatkan program/software yang bisa online untuk saya ?” maksudnya adalah Aplikasi Web, dan ternyata pertanyaan ini“bisa buatkan aplikasi yang bisa saya install & buka di hp saya ?” maksudnya adalah Aplikasi Mobile. 

Haduwh…, kalo itu sih Kami (Mediatama) sudah pasti sangat bisa, bahkan melebihi ekspektasi kamu semua..

Share This