• 2021-12-01
  • Admin

Website & aplikasi adalah software (perangkat lunak) yang dibuat dari puluhan ribu baris code bahasa mesin yang tidak dimengerti manusia.

Tentunya tidak semua orang bisa, hanya orang yang punya keahlian khusus yang bisa membuatnya, orang ini sering kita sebut sebagai Programmer/Software Engineer.

Tidak heran jika jasa pembuatan sebuah aplikasi mempunyai harga yang mahal, selain dari pembuatanya itu susah, ternyata keuntungan yang kita dapatkan juga sangat besar, ini Faktanya Manfaat dari sebuah Aplikasi.

Sebenarnya kenapa sih banyak orang/perusahaan membuat website atau aplikasi ??

Karena dengan adanya aplikasi atau disini lebih spesifik yaitu website, bisa mempermudah pekerjaan kita, proses bisnis yang tadinya manual, sekarang menjadi otomatis, cepat dan irit biaya.

Kami beri salah satu contoh testimonial dari customer kami, lebih baik anda membaca ini terlebih dahulu. Manfaat menggunakan Website & Aplikasi

Bagaimana ? sudah memahami realita ini ?? jika sudah, mungkin anda membaca artikel ini karena ingin membangun sebuah aplikasi & website, semoga artikel ini menjadi referensi yang berharga karena akan kami jelaskan secara lengkap. 

kami juga tidak ingin ketika anda membangun aplikasi & website tanpa ada bekal pengetahuan sama sekali.

Berikut tips-tips nya,

1. Rencanakan dengan Matang

Ini wajib hukumnya, merencanakan dengan matang website akan digunakan untuk apa, berapa biaya yang akan di pangkas, berapa estimasi keuntungan yang nantinya akan di peroleh dan bandingkan dengan biaya investasi pembuatan website itu sendiri.

Anda harus cermat dalam memutuskan hal ini, jika ternyata setelah dipikir-pikir biaya investasi pembuatan tidak sebanding dengan keuntungan yang nantinya diperoleh ya bisa di pending terlebih dahulu. 

Sekali lagi anda harus bisa memastikan bahwa investasi anda dalam pembuatan website dapat bermanfaat untuk bisnis anda.

2. Cari Kualitas & Layanan !! Jangan Terkecoh Harga Murah

Yang kami temui akhir-akhir ini banyak sekali penyedia jasa programmer yang membanting harga hingga tidak masuk akal sama sekali, contoh : Jasa pembuatan website toko online 500 Ribu rupiah + Hosting & Domain

Anda pasti berfikir website yang akan mereka buat seperti layaknya E-Commerce Tokopedia, Bukalapak, Jakartanotebook, namun setelah jadi ternyata hanya Blog atau Wordpress saja yang jelas tidak sesuai dengan apa yang diharapkan anda, dan ketika website sudah jadi, dan anda ingin customisasi misalnya anda ingin menambah fitur analytic transaksi perbulan, ini biasanya tidak bisa dilakukan.

Jadi minimal anda harus berkomunikasi dengan Developer & mendefinisikan terlebih dahulu fitur-fitur aplikasinya bisa apa saja, misalkan : customer bisa login, customer bisa membeli & menaruh di keranjang, customer bisa melihat detail dari barang, customer bisa checkout dan sebagainya.

Saran dari kami adalah, Carilah Kualitas & Layanan bukan Harga Murah.

3. Tanyakan Portofolio/Pengalaman Developernya

Developer yang berpengalaman pasti akan mudah tahu mengenai aplikasi apa yang akan dibuat, seharusnya bagaimana agar lebih baik dan effisien. Apalagi jika developer sebelumnya sudah punya pengalaman membuat aplikasi sesuai yang anda request, ini akan jauh lebih baik lagi.

Namun jika developernya belum ada pengalaman di aplikasi yang akan dibuat bagaimana ? Tidak masalah, selagi developernya memahami alur dari apa yang anda minta, dan sanggup membuatnya.  

4. Harus ada Kontrak Kerjasama (MOU)

Setelah anda sudah menemukan developer yang cocok, selanjutnya adalah Dealing Harga / Tawar Menawar sesuai request aplikasi yang anda minta, kemudian bahas mengenai MOU atau kontrak kerjasama, istilah lainya Akad Jual Beli dimana hak dan kewajiban dari anda & developernya tercantum disana juga spesifikasi aplikasi yang akan dibuat.

5. Pantau Terus Progress Pekerjaan

Sebaiknya anda memantau perkembangan pembuatanya agar waktu pembuatan bisa sesuai target. Lebih baik lagi jika developer sudah menyediakan platform yang bisa anda lihat progress pengerjaanya, tapi sepertinya ini sangat jarang sekali. Sepertinya baru kami (Mediatama ST) yang menerapkan layanan ini kepada customer kami.

Itulah beberapa tips yang bisa kami berikan kepada anda terkait mencari jasa pembuatan website & aplikasi, kami (Mediatama ST) selaku jasa pembuatan website & aplikasi tidak ingin customer kami larut dalam kekecewaan, itulah tujuan kami untuk membuat tulisan ini agar anda bisa memahami point point pentingnya sebelum melaksanakan.

Share This